IAPPI Community On The Net
Ahlan wasahlan di forum IAPPI,
Anda belum masuk silakan login atau register.
Agar Anda bisa berpartisifasi dalam forum IAPPI ini.


Forum Komunikasi IAPPI Pesantren Persatuan Islam
 
IndeksGalleryCalendarFAQAnggotaGroupPencarianPendaftaranLogin

Share | 
 

 Apa itu Imamah Imarah (?!?)

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
e-xplorer
IAPPI Jadid
IAPPI Jadid


Jumlah posting : 18
Registration date : 27.10.07

PostSubyek: Apa itu Imamah Imarah (?!?)   Thu 8 Nov - 23:16:21

Jam'iyyah Persis menggunakan azas Imamah-Imarah.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Imamah-Imarah?

Apakah Imamah-Imarah yang diagung-agungkan Persis telah sama atau setidaknya menyerupai Imamah-Imarah yang dijalankan Rasulullah SAW?

Mohon pencerahan senyum

Syukran nih bunga
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
lee
IAPPI Jadid
IAPPI Jadid


Jumlah posting : 6
Registration date : 05.12.07

PostSubyek: Re: Apa itu Imamah Imarah (?!?)   Wed 26 Dec - 22:27:20

Maaf mungkin yang laen tahu masalah itu, saya masih awam tentang persis.

e-xplorer wrote:
Apakah Imamah-Imarah yang diagung-agungkan Persis telah sama atau setidaknya menyerupai Imamah-Imarah yang dijalankan Rasulullah SAW?

Tapi mohon maaf juga nih. Pertanyaannya seperti gimana gituh. Bisa diperhalus sedikit pertanyaannya, karena saya merasa kurang sreg, seperti ada nada "kebencian". Mungkin perasaan saya saja. Karena basic saya di psychology mungkin.

pis men
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Zul_thefikar
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting : 20
Age : 29
Registration date : 13.02.07

PostSubyek: Re: Apa itu Imamah Imarah (?!?)   Thu 27 Dec - 19:39:02

lee wrote:
Maaf mungkin yang laen tahu masalah itu, saya masih awam tentang persis.

e-xplorer wrote:
Apakah Imamah-Imarah yang diagung-agungkan Persis telah sama atau setidaknya menyerupai Imamah-Imarah yang dijalankan Rasulullah SAW?

Tapi mohon maaf juga nih. Pertanyaannya seperti gimana gituh. Bisa diperhalus sedikit pertanyaannya, karena saya merasa kurang sreg, seperti ada nada "kebencian". Mungkin perasaan saya saja. Karena basic saya di psychology mungkin.

pis men
karena saya merasa kurang sreg, seperti ada nada "kebencian"
jangan bgituh jangan bgituh jangan bgituh Maaf...Sya juga kurang sreg mendengar ungkapan anda di atas ngemil2 seperti ada nada"Provokasi".Mungkin Perasaan saya saja. Mungkin karena saya ga punya basic...

pis men
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
lee
IAPPI Jadid
IAPPI Jadid


Jumlah posting : 6
Registration date : 05.12.07

PostSubyek: Re: Apa itu Imamah Imarah (?!?)   Fri 28 Dec - 0:16:17

Zul_thefikar wrote:
Maaf...Sya juga kurang sreg mendengar ungkapan anda di atas seperti ada nada"Provokasi".Mungkin Perasaan saya saja. Mungkin karena saya ga punya basic...

masalah sreg ato tidak itu dikembalikan lagi pada om Zul_thefikar. Tapi yuk maree kita lihat kembali pertanyaan om e-xplorer di atas, Saya beri BOLD dan Underline biar kita rasakan sendiri

e-xplorer wrote:

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Imamah-Imarah?

Apakah Imamah-Imarah yang diagung-agungkan Persis telah sama atau setidaknya menyerupai Imamah-Imarah yang dijalankan Rasulullah SAW?

Bagaimana? Penekanan kata "apa sih" dan "yang diagung-agungkan" jelas yang saya rasakan (mudah2an yg saya rasakan saja) ada "sedikit" nada kebencian.

Saya bukan mau mendramatisir masalah ini, namun saya rasa (kembali saya rasa) apakah tidak sebaiknya sedikit di edit pertanyaannya dengan yg agak halus begitu? fasilitas untuk mengedit kan ada pada setiap postingan.

Mohon maaf jika ada kata-kata saya yang salah pis men
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
zuhdi_2005
IAPPI Jadid
IAPPI Jadid


Male Jumlah posting : 10
Localisation : Bandung
Registration date : 26.10.06

PostSubyek: Re: Apa itu Imamah Imarah (?!?)   Fri 28 Dec - 17:54:14

waaaah ieu meuni rame kieu... palalaur perang weeeh... ngiringan bingah ah ?!?!?

naha bet bingah? nya da ari ku diskusi kieu mah sok rada kabuka pamikiran teh.

sok ah teraskeun. Simkuring mah janten pengamat wae.

punten ku basa sunda nya, maklum!

_________________

NB: Ieu teh alumni tahun sabaraha wae nya?
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Zul_thefikar
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting : 20
Age : 29
Registration date : 13.02.07

PostSubyek: Re: Apa itu Imamah Imarah (?!?)   Fri 28 Dec - 22:47:52

lee wrote:
Zul_thefikar wrote:
Maaf...Sya juga kurang sreg mendengar ungkapan anda di atas seperti ada nada"Provokasi".Mungkin Perasaan saya saja. Mungkin karena saya ga punya basic...

masalah sreg ato tidak itu dikembalikan lagi pada om Zul_thefikar. Tapi yuk maree kita lihat kembali pertanyaan om e-xplorer di atas, Saya beri BOLD dan Underline biar kita rasakan sendiri

e-xplorer wrote:

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Imamah-Imarah?

Apakah Imamah-Imarah yang diagung-agungkan Persis telah sama atau setidaknya menyerupai Imamah-Imarah yang dijalankan Rasulullah SAW?

Bagaimana? Penekanan kata "apa sih" dan "yang diagung-agungkan" jelas yang saya rasakan (mudah2an yg saya rasakan saja) ada "sedikit" nada kebencian.

Saya bukan mau mendramatisir masalah ini, namun saya rasa (kembali saya rasa) apakah tidak sebaiknya sedikit di edit pertanyaannya dengan yg agak halus begitu? fasilitas untuk mengedit kan ada pada setiap postingan.

Mohon maaf jika ada kata-kata saya yang salah pis men

Maaf Neeh Bang Lee....sebnarnya jawaban saya diatas bukan mempermasalahkan sreg atu tidak, anda bisa lihat jawaban saya diatas...inotasi kata2nya sama percis dengan kata2 anda, coba liat dulu... senyum udah di liat....nah sekarang saya ungkapkan jawaban sebenarnya yang saya maksud buat anda..

saya cuma dan hanya bermaksud menyinggung secuil dari kata2 yang bang lee utarakan:
Quote :
Tapi mohon maaf juga nih. Pertanyaannya seperti gimana gituh. Bisa diperhalus sedikit pertanyaannya,...

siiip mantab

Dalam dunia Islam jika kita telusuri lebih dalam lagi...banyak bahkan terlalu banyak perselisihan yang keluar dari suatu masalah, sedangkan masalah yang ada sangat banyak, maka dapat anda perkirakan seberapa banyaknya perselisihan yang ada sampai saat ini??? hhmmm hhmmm hhmmm Dan didalam sebuah perselisihan (perbedaan pendapat) tak mesti salah satu dari yang berselisih menggunakan bahasa yang baik dan sopan, meski sopan lebih baik, apalagi setiap orang memiliki daya peka dan kepintaran yang berbeda2, ga usah ambil banyak contoh.

kita ambil contoh ungkapan anda dengan jawaban saya diatas...
dan inti dari itu...sebuah tulisan ataupun ungkapan dari seseorang, tidak perlu di permasalahkan jika kita sudah mengetahui bahkan mengerti maksud dari ungkapan tersebut...itu kalau ungkapan, tetapi kalau pertanyaan yang keluar...beda lagi tuuh bang lee, kalau pertanyaan yang keluar, otomatis...yang dibutuhkan disini adalah jawaban...bukan "correction"....Gitu bang lee...Sory ya kalo perkataan saya ada yang salah pis men Wassalam ...mangga dikantun heula ah.. senyum
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
look_ham2
IAPPI Jadid
IAPPI Jadid


Jumlah posting : 2
Registration date : 04.11.06

PostSubyek: Re: Apa itu Imamah Imarah (?!?)   Fri 28 Dec - 22:55:37

[mode ngomporan ON] pusing dah

si akang e-xplorer na mana yeuh.
begimane nih kang? tanggapannye?

soalnye kite pade tao kan kaidah ushul yg pernah kite-kite pelajari di pesantren dulu, "Maqosidullafdzi 'ala niyyatillafidzi" kalo nda saleh ntuh juge... pis men
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
e-xplorer
IAPPI Jadid
IAPPI Jadid


Jumlah posting : 18
Registration date : 27.10.07

PostSubyek: Re: Apa itu Imamah Imarah (?!?)   Fri 28 Dec - 23:22:00

udah lama ga buka ni forum... ternyata tanggapannya cukup baik. Namun bukan dari segi pertanyaan yg saya minta untuk dibahas. Isi dari pertanyaan tersebut yg ingin saya tahu.

Kurang lebih seperti yg diungkap akhi look_ham2 di atas, benar bahwa maksud suatu ucapan tergantung kepada orang yg mengucapkan. Subhanallah sudah seharusnya kita terus ingat pelajaran2 masa mesantren dulu.

IMAMAH & IMARAH

Okeh, memang saya akui, saat memulai memposting treadh ini, saya dalam keadaan emosi. Terimakasih kepada akhi lee dengan basic pisikologinya sanggup menafsirkan keemosian pertanyaan saya.

kenapa saya emosi? izinkan saya menceritakan sedikit kronologisnya.

saya adalah salah satu anggota pemuda persis. di persis (orang tua) pun saya ikut membantu. disalah satu jamaah persis saya aktif berorganisasi berlandaskan "IMAMAH-IMARAH" tadi. saya terbiasa membantu persis (orangtua) dan pemuda persis dalam perekrutan anggota baru sekaligus memunguti biaya keanggotaannya tiap bulan.

suatu hari tetangga saya meninggal dunia, beliau anggota persis juga. beliau meninggalkan satu orang istri dan 5 orang anak yang masih kecil-kecil. tetangga saya itu bukan seorang berkecukupan, dia hanya berwirausaha dengan membuka sebuah pabrik makanan ringan dan memperkerjakan beberapa orang saja. dari penghasilannya (saat masih hidup) beliau rajin menyisihkan zakatnya untuk madrasah persis, pemuda persis, juga persis.

namun ternyata beliau meninggal dengan menyisakan utang yang cukup banyak ke sebuah Bank (tempat beliau meminjau modal usaha dulu) yang harus dibayar istri dan anaknya.

sang istri datang pada kami (pemuda persis) dan dengan malu-malu, menangis tersedu meminta bantuan dan solusi akan masalah yg dihadapinya. dengan tenggang waktu yg diberikan bank, dan kalo tenggang waktu itu habis maka rumahnya akan disita.

kami pun berusaha (bukan karena semasa hidup suaminya sering membantu dalam masalah dana kegiatan, dsbnya) tapi karena almarhum seorang muslim juga anggota persis yg rajin memberikan zakatnya pada persis. Tapi jumlah utang dengan nominal yg cukup banyak itu, kami hanyalah pemuda persis yang setiap mengadakan acara pun harus membuat proposal terlebih dahulu, dengan kata lain kami (pemuda persis) tidak sanggup membantu. oleh karenanya kami mencoba meminta bantuan persis (orangtua).

Tapi jawaban salah satu pengurus persis membuat kami (khususnya saya) sangat kecewa sekali. bukannya memberikan solusi, sedikitnya dengan kata-kata yg bijak melainkan "menolak" dengan cara yg cukup membuat kami sakit hati.

waktu itulah saya bertanya dalam hati, "Seperti inikah yg disebut imamah-imarah?"

bukankah Rasulullah saw dahulu saat ada seorang sahabat meninggal beliau saw membayarkan utangnya. beliau (saw) sampai berkata, "ana aulal mu'minin, aku adalah pemimpin kalian, maka akulah yang menanggung beban kalian." meskipun pada suatu ketika beliau tidak mau menyolati sahabat yg meninggal karena masih punya utang yg belum dibayar yang kemudian Rasulullah saw memerintahkan sahabat menyolatinya sedangkanbeliau sendiri tidak. tapi kemudian salah seorang sahabat berani menanggung utang sahabat yg meninggal itu lalu Rasulullah pun menyolatinya. hal tersebut bukannya Rasulullah tidak mau menanggung beban sahabat yg meninggal tersebut tapi memberikan pelajaran pada sahabat yg lain agar senantiasa saling ta'awaun.

demikian imamah-imarah yg dicontohkan Rasulullah saw. Maka saya bertanya, "bagaimana imamah-imarah persis?"
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
look_ham2
IAPPI Jadid
IAPPI Jadid


Jumlah posting : 2
Registration date : 04.11.06

PostSubyek: Re: Apa itu Imamah Imarah (?!?)   Fri 28 Dec - 23:31:33

Cukup sedih juga baca cerita si ibu yg ditinggal mati suaminya.

Namun, husnu dzon ajah kang, mungkin saat itu persis lagi tidak ada dana untuk hal tersebut.

Betewe, ke mana akang minta bantuannya, ke PC, PD atau PP?

Sekarang kan ada PZU kang! Pernah ga nyobain ke PZU?

Kayaknya disana ada dana untuk hal-hal seperti itu. Dengan catatan memang datanya valid.

Afwan, jangan su'u don dulu kang. Mungkin kebetulan saja akang datangnya ke orang (persis) yg tidak tepat. Toh penolakan seseorang bukan berarti mengeneralisir persis secara keseluruhan.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Yasir
IAPPI Jadid
IAPPI Jadid


Male Jumlah posting : 35
Age : 29
Localisation : Jakarta
Registration date : 14.10.06

PostSubyek: Re: Apa itu Imamah Imarah (?!?)   Mon 31 Dec - 21:44:53

Setuju dengan yang di atas ana

Iya kang alangkah lebih baiknya kita husnu dzon, seperti yang look_ham2 bilang mungkin kebetulan akang ketemunya ma orang yg salah tidak tepat

SmileyCentral.com
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
iyang
Moderator
Moderator


Male Jumlah posting : 54
Registration date : 26.03.08

PostSubyek: Re: Apa itu Imamah Imarah (?!?)   Thu 27 Mar - 12:30:20

Assalamu`alaikum!
jadi penasaran ditolaknya kaya gimana nih!
pake kata2 kasar, atau kurang sopan.
atau kaya gimana?
kalo penolakannya wajar, terus anda sakit hati, itu sih andanya yang ngga wajar atuh, menurut saya!
Hmm!!!
trus kalo difikir2, kan Anggota PERSIS itu banyak juga kan!
kebayang deh pusingnya Persis kalo urusan perorangan, apalagi urusannya dengan dana yang cukup besar, harus ditangani secara langsung sama Persis.
kalo Persis nya dipimpin sama Milyuner sih mungkin aja x, da uangnya banyak.
trus kebayang, apalagi sekarang Indonesia lagi dilanda krisis berkepanjangan, rata2 permasalahan tiap penduduknya masalah artos,hutang!
hiks! hiks!
dijamin kalo anda pengen persis bukbrak seperti harapan anda di atas, jarak beberapa hari juga Persis bisa bangkrut atuh!

lagian juga kalo lembaga Zakat sperti PZU apa nyalurin uang zakatnya buat ngelunasin utang orang!!! kayanya ngga x yah!

kalo saran sayah siiih. urusan bayarin utang-piutangmah pan ngga ada bagiannya di organisasi kepersisan, kamu kan tetangga deketnya, kamu juga punya teman, bantu aj semaksimal mungkin.
kayanya minta sumbangan sama perorangan, misal satu orang lima ribu atau berapa aja lah, cara gitu lebih bisa ngasilin uang, dibanding dengan nomong ke ormas atau lembaga.

yah kayanya sekian dulu dari saya.

mohon maaf bila banyak kekurangan dan ada kata2 yang kurang berkenan.

Wassalamu`alaikum!

Nb:Iappi Persis yang lainnya masuk dong biar rame!
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
H-Qm
Admin
Admin


Male Jumlah posting : 113
Localisation : Pajagalan 14-16
Registration date : 13.10.06

PostSubyek: Re: Apa itu Imamah Imarah (?!?)   Wed 9 Apr - 14:30:19

sayah masuk ah... rame2... sok ah top banget

_________________
"Dan Katakanlah: "Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan." (Qs. Attaubah [9]:105)
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.hakimtea.com
Sponsored content




PostSubyek: Re: Apa itu Imamah Imarah (?!?)   Today at 23:04:14

Kembali Ke Atas Go down
 
Apa itu Imamah Imarah (?!?)
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
IAPPI Community On The Net :: Persatuan Islam (Persis) :: Jam'iyyah Persatuan Islam (Persis)-
Navigasi: